Minggu, 04 November 2012

TARBIYAH DENGAN CINTA


Rasanya tak perlu saya mendefinisikan apa itu tarbiyah...

Apa urgensi tarbiyah bagi kita....

Karena kita sama-sama sudah memperolehnya (pengetahuan) tentang itu....

Saya hanya ingin menyampaikan bahwa:


Tarbiyah adalah cinta

Saya menyebutnya sebagai cinta karena di dalamnya terhimpun orang-orang yang tak pernah lelah berproses dan menjaga keistiqomahan untuk mencari ridho Alloh. Orang-orang yang selalu berharap bimbingan Alloh dalam setiap urusannya dan bertawakal. Orang-orang yang tak lelah (insya Alloh) untuk menegakkan syari’at dalam kehidupannya. Yang tak lelah mengajak saudara-saudaranya dalam kebaikan. Yang selalu saling mengingatkan. Orang-orang inilah yang hatinya dipersatukan oleh Alloh dalam naungan cinta-Nya.

Alloh telah berfirman:

dan yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha gagah lagi Maha Bijaksana (Al-Anfal:63).

Saudaraku...

Ketika kita memilih jalan ini, Alloh-lah yang menggerakkan kita, menghimpun kita, menyatukan kita. Tak ada iming-imingan harta di dalamnya atau kesenangan dunia lainnya. Yang ada hanyalah berpayah-payah untuk mencari ridho Alloh, berpayah-payah menegakkan syari’at-Nya. Kita memilihnya atas dasar karena Alloh. Karena kita semua sama-sama memiliki kesadaran bahwa tujuan hidup kita adalah ridho Alloh.

Saudaraku...

Kita adalah satu ikatan yang terhimpun dalam tarbiyah. Kita berproses bersama, saling menjaga agar tetap dalam cinta Alloh. Kita punya komitmen yang sama untuk melaksanakan dan memelihara amalan harian kita. Kita saling mengingatkan. Itu adalah cinta.

Tarbiyah adalah sarana menginstal cinta

Pernahkah dulu terpikir dalam benak ada rasa jenuh menjalani hari-hari lurus kalian? Atau pernahkah kalian mendapati diri dalam keadaan iman yang naik turun bahkan sampai merasa futur? Sekiranya kita butuh menginstal iman. Berkumpul dengan orang-orang sholeh, dengan orang-orang yang tulus karena Alloh, dengan orang-orang yang tak jenuh mengingatkan kita untuk terus mengejar cinta Alloh.

Ingat dengan lagu Tombo Ati? Yah... salah satu obat hati adalah berkumpul dengan orang-orang yang sholeh. Dan itu benar, karena dengan berkumpul dengan mereka kita akan selalu diingatkan di saat kita sedang terlupa bahkan lalai. Merekalah yang akan terus memompa semangat kita untuk mencapai tujuan hidup kita semula....MENGGAPAI RIDHO ALLOH.

Dan disinilah kita berkumpul... dalam tarbiyah. Yang merupakan sarana ilmu.... sarana menginstal cinta ^_^

Tarbiyah dengan Cinta

Tarbiyah adalah pendidikan untuk memperbaiki diri secara terus menerus sepanjang hayat dikandung badan (aisyahalhafidz.multiply.com). Kenapa terus menerus? karena tanpa kita sadari kita bisa saja setiap detiknya berbuat salah, baik dalam hal niat sekalipun kadang kita tergelincir. Oleh sebab itu kita harus terus menerus memperbaiki diri.

Atau bahkan dalam beramal kita melakukannya tanpa ilmu. Sementara ilmu Alloh Maha Luas. Maka dari itu kita butuh tarbiyah sebagai sarana buat kita memperoleh ilmu secara terus menerus untuk beramal guna menggapai ridho Alloh. Dalam menuntut ilmupun kita melakukannya dengan cinta, agar ilmu itu terserap dalam diri dan tidak sia-sia sehingga kitapun beramal dengan cinta demi menggapai cinta Alloh.

Tarbiyah adalah cinta

Sarana menginstal cinta

Dan dijalankan dengan cinta

Untuk menggapai cinta hakiki

Cinta Alloh.. Robb kita ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar