Senin, 07 Oktober 2013

RETURN EKSPEKTASIAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT RISIKO PASAR SAHAM: DIDASARKAN PADA CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) PADA SAHAM LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA (Bab 1)



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dalam mengambil keputusan investasi para investor mengharapkan hasil yang maksimal dengan risiko tertentu atau hasil tertentu dengan risiko yang minimal terhadap investasi yang dilakukan. Keuntungan investasi sangat tergantung banyak hal, tapi hal yang utama adalah tergantung pada kemampuan atau strategi penanaman modal atau investor dalam membaca keadaan dan situasi pasar yang tidak menentu.
Retun dan  risiko merupakan dua hal yang tidak terpisah, karena pertimbangan suatu investasi merupakan trade-off dari kedua faktor ini. Return dan risiko mempunyai hubungan yang positif, semakin besar risiko yang ditanggung, semakin besar return yang harus dikompensasikan (Jogiyanto, 2010:227).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh dari return yang diekspektasikan terhadap tingkat risiko pasar saham untuk saham-saham yang tergabung dalam index LQ 45.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan penjelasan dari latar belakang di atas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah:
1.      Seberapa besar nilai return ekspektasian dan tingkat risiko pasar saham LQ 45.
2.      Bagaimana pengaruh kenaikan tingkat keuntungan terhadap risiko pasar saham LQ 45.


1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk  mengetahui  seberapa  besar  nilai return ekspektasi dan tingkat risiko pasar saham LQ 45.
2.      Untuk mengetahui dan menguji secara empiris bagaimana pengaruh kenaikan tingkat keuntungan terhadap risiko pasar saham LQ 45.
1.4  Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.       Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada investor sebagai bahan evaluasi dalam kaitannya dengan proses pengambilan keputusan investasi saham di Bursa Efek Indonesia.
b.      Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengembangan ilmu pengetahuan bagi penulis mengenai pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham perusahaan yang tergabung dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia.
1.5  Ruang Lingkup Penelitian
Untuk membahas penelitian ini, maka penulis memberi batasan pada kajian tentang Return Ekspektasian dalam melihat pengaruhnya terhadap tingkat risiko harga saham pada perusahaan yang tergabung dalam LQ 45 dalam kurun waktu 5 tahun yaitu tahun 2006 sampai dengan tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar